BPBD Jabar Sebut 20 Orang Luka Korban Gempa di Kab.Bandung

Redaktur author photo
Petugas BPBD Jabar

inijabar.com, Kabupaten Bandung- Kepala Seksi Kedaruratan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jawa Barat, Hadi Rahmat mengatakan, sebanyak 20 orang luka-luka akibat gempa merusak yang terjadi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dari rilis yang diberikan nya, jumlah korban itu merupakan data terbarukan yang dikumpulkan oleh otoritasnya per pukul 12.50 WIB. Rabu (18/9/2024).

"Satu orang luka ringan, 5 orang luka berat di rujuk ke Rumah Sakit kertasari dan 14 luka sedang. Seluruhnya Warga Kabupaten Bandung,"ungkapnya.

Hadi juga menyebut, data tersebut akan terus diperbarahui lagi mengingat saat ini terus dilakukan pengumpulan.

Hingga kini anggota BPBD Jabar dan Kabupaten Bandung serta Garut tengah memantau dampak gempa Kabupaten Bandung seperti jumlah kerusakan dan korban masih dalam pendataan.

"Laporan sementara masih bersifat dinamis. Untuk lokasi titik kumpul warga terdampak ada di lapangan Kantor Kecamatan Kertasari. Korban yang tertimpa reruntuhan sudah dilarikan ke RS Bedas Kertasari dan ke Puskesmas Kertasari," ucapnya.

Sedangkan jumlah kerusakan bangunan di wilayah Kabupaten Bandung sementara ini mencapai 14 unit. Diantaranya adalah 8 rumah, 2 fasilitas kesehatan, 2 bangunan, 1 sarana pendidikan dan 1 tempat ibadah.

Terkait dampak kerugian materi akibat gempa bumi merusak di wilayah Kabupaten Garut, kata dia, ada 7 rumah terdampak dan 1 sarana pendidikan.

"BPBD Provinsi Jawa barat berkoordinasi dengan BPBD kabupaten serta kota terdampak dan terasa getaran gempa. BPBD Provinsi Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Bandung melakukan asssesment kelokasi kejadian," tuturnya.

Jumlah lokasi yang terdampak gempa Kabupaten Bandung juga bertambah. Seperti di Kabupaten Bandung meliputi empat kecamatan yaitu Kertasari, Pangalengan, Pacet, Arjasari dan Pameungpeuk.

Daerah terdampak di Kecamatan Kertasari yaitu Desa/Kelurahan Tarumajaya, Poskesdes desa cihawuk, Desa/Kelurahan Cihawuk, Desa/Kelurahan Cibeureum.

"Untuk Kecamatan Pangalengan ada di Desa/Kelurahan Margamukti dan Kecamatan Pacet ada di Kampung Pereng RT 02 RW 14 serta Desa/Kelurahan Cikawao,"ujarnya.

Sedangkan di Kecamatan Arjasari daerah yang terdampak gempa ada di Kampung Pasirluyu RT 02 RW 14 dan Desa/Kelurahan Pinggirsari serta Kecamatan Pameungpeuk di daerah Kampung Bobojong RT 01 RW 07 Desa/Kelurahan Bojongmanggu.

"Daerah terdampak di Kabupaten Garut meliputi Desa/Kelurahan Barusari, Desa/Kelurahan Pasirwangi, Desa/Kelurahan Sarimukti, Desa/Kelurahan Talaga Kecamatan Pasirwangi," jelasnya.

Hadi juga mengatakan, sebanyak dua desa lainnya di kecamatan bernasib serupa yakni Desa/Kelurahan Sirnajaya di Kecamatan Tarogong Kaler dan Desa/Kelurahan Mekarjaya di Kecamatan Sukaresmi.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini