Budaya Nyangku, Sekdis Budpora Ciamis; Tradisi Tahunan Pencucian Benda Pusaka

Redaktur author photo
Upacara Nyangku meriah.

inijabar.com, Ciamis- Sekdis Disbudpora Ega Anggara Al Kautsar menghadiri acara Nyangku yang merupakan rangkaian prosesi adat penyucian benda-benda pusaka bertempat di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Senin (30/9/2024).

Upacara Nyangku adalah rangkaian prosesi adat penyucian benda-benda pusaka peninggalan Prabu Sanghyang Borosngora, para raja, dan Bupati Panjalu juga penerusnya yang tersimpan di Pasucian Bumi Alit.

Ini beberapa rangkaian Upacara adat Nyangku diawali dengan pengambilan Air Tirta Kahuripan, Bazar Pasar Malam, Samida, Istigosah, Mapag Cai dan Penyerahan Hasil Bumi, Gema Solawat, Haol Eyang Borosngora, Khotamanan Alqur’an, Maulid Nabi Muhammad SAW, Pentas Seni Tradisional Debus dan Diakhiri Upacara Pencucian Benda-benda Pusaka.

Sekdis Budpora Ega Anggara mengatakan, acara tersebut dilaksanakan setiap tahun ketika memasuki bulan Maulud. 

"Dan ini harus terjaga, terpelihara dan terus dilestarikan. Karena dengan dilaksanakan acara Nyangku ini kita bisa mengingat masa lalu sejarah adi luhung. Sehingga bisa diwarisi, kaitannya dengan nilai-nilai sejarah,"ungkapnya. Senin (30/9/2024).

"Prosesi Nyangku ini intinya sebuah simbol agar kita ini bisa membersihkan diri dan jiwa. Jadi kita berharap masyarakat lebih bisa mengambil esensi dari pencucian benda-benda pusaka ini,"sambung Ega.(edo)



Share:
Komentar

Berita Terkini