Ini Profile 4 Pasang Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jabar 2024

Redaktur author photo
Empat pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jabar 2024.

inijabar.com, Kota Bandung- Empat pasangan Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024 menjalani serangkaian proses pendaftaran.

Keempat pasangan tersebut yakni, Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang didukung 14 parpol. Pasangan Acep Adang Ruhiyat- Gita yang diusung PKB. Lalu pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie. Terakhir Jeje Wiradanita-Ronal Surapraja diusung oleh PDIP.

Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan, mantan Bupati Purwakarta tersebut didukung oleh total 14 Parpol menjadi Pasangan Cagub-Cawagub yang pertama kali menyelesaikan pendaftaran ke KPU Jawa Barat. 

Dedi dan pasangannya ini mendaftar ke KPU Jabar pada Selasa 27 Agustus 2024. Dedi Mulyadi sendiri merupakan politisi Partai Gerindra ini dikenal juga sebagai selebgram yang aktif di media sosial.

Berikut profil dan biodata masing-masing Cagub-Cawagub di Pilgub Jabar 2024: 

A. Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan.

Dedi Mulyadi menempuh pendidikan S2 di Universitas Widyatama, sebelumnya ia menjabat sebagai Bupati Purwakarta selama 2 periode.

Pada Pilgub Jabar 2024, ia dan Erwan Setiawan diusung oleh partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PSI, PAN, Hanura, Garuda, Gelora, Partai Buruh, PBB, Partai Ummat, PKN, Prima dan Perindo. 

B. Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie Ahmad Syaikhu merupakan politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), pada Pilbup 2018 dirinya juga maju, tetapi kalah dengan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. 

Sedangkan pasangannya, yakni Ilham Habibie merupakan anak dari BJ Habibie, mantan Presiden Republik Indonesia. Parpol pengusung Paslon ini adalah PKS

C. Pasangan Acep Adang Ruhiyat-Gita KDI Partai pengusung pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat ini adalah PKB.

Keduanya sama-sama sudah cukup lama berkiprah di pentas politik tanah air, tepatnya menjadi DPR.

D. Pasangan Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja Cagub-Cawagub terakhir yang juga akan maju di Pilgub Jabar 2024 adalah Jeje-Ronal, mereka diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Jeje merupakan mantan Bupati Pangandaran selama dua periode, sedangkan Ronal adalah aktor sekaligus seorang komedian yang sudah lama memilih berkarir di politik.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini