Ini Sosok Cabup Cawabup Ciamis Yang Akan Ditantang Kotak Kosong

Redaktur author photo

 

Pasangan Cabup Cawabup Ciamis Herdiat Sunarya- Yana D Putra 

inijabar.com, Ciamis- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merilis sejumlah daerah di Indonesia yang pasangan calon untuk Pilkada serentak 2024 hanya satu pasangan calon.

Di Jawa Barat sendiri hanya Kabupaten Ciamis yang hanya ada satu pasangan calon mendaftar ke KPU Ciamis yakni Calon Bupati Herdiat Sunarya dan Calon Wakil bupati Ciamis Yana D Putra.

Pasangan Herdiat-Yana didukung semua kekuatan partai politik.  Total ada 18 parpol termasuk parpol non parlemen yang mengeluarkan dukungannya untuk pasangan ini.

Herdiat-Yana merupakan Bupati dan wakil Bupati Ciamis periode 2019-2024. Saat itu pasangan ini diusung oleh 6 partai, yakni Gerindra, PKS, PAN, PBB, Demokrat dan NasDem, dan mendapat suara di Pilkada 2019  sebanyak 415.767 suara atau 59,59 persen.

Hasil suara signifikan itu mengubur impian rival nya saat itu yakni pasangan petahana Iing Syam Arifin dan Oih Burhanudin yang memperoleh 281.947 suara atau 40,41 persen. 

Sosok Herdiat Sunarya yang lahir 10 Oktober 1960 awalnya merupakan seorang birokrat. Ia telah beberapa kali menduduki jabatan strategis di Pemkab Ciamis. Dari mulai kepala desa, camat, kepala bagian hingga terakhir menjabat sebagai Sekretaris Daerah Ciamis.

Sebelum pensiun, Herdiat juga sempat diturunkan menjadi staf di kantor Bappeda Ciamis. Setelah pensiun, Herdiat memilih terjun ke politik pada 2018 dengan mengikuti Pilkada Ciamis.

Herdiat juga dikenal sebagai bupati yang cinta dengan berbagai olahraga terutama sepakbola. Ia juga merupakan pemilik atau CEO dari tim sepakbola Liga 3 Nasional PSGC Ciamis.

Sementara Yana D Putra merupakan seorang politisi dari Partai Amanat Nasional. Yana sempat menjadi anggota DPRD Ciamis selama tiga periode berturut-turut dari tahun 2004 sampai 2019. Bahkan ia menjadi wakil Ketua DPRD Ciamis.

Pria kelahiran 26 November 1976 ini juga merupakan Ketua DPD PAN Ciamis. Pada tahun 2019, Yana pun maju di Pilkada Ciamis menjadi pendamping Herdiat Sunarya.

"Satu komitmen untuk bersama memajukan Kabupaten Ciamis lebih baik, lebih maju, lebih sejahtera. Kami yakin dengan kebersamaan apalagi diusung oleh seluruh partai politik mengusung dan mendukung pasangan HY. Ini motivasi kami, suplemen tersendiri insyaalloh kami akan menjalankan amanah sebaik baiknya seandainya Alloh SWT mengabulkan keinginan kita semua," tuturnya.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini