Nekat, Warga Cipari Buang Sampah di Depan Kantor Pemkab Kuningan

Redaktur author photo
Pemuda warga Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur ini nekat membuang sampah ek depan kantor Pemkab Kuningan.

inijabar.com, Kuningan- Video viral yang berisi seorang warga Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, melakukan aksi protes dengan membuang sampah di teras Gedung Purbawisesa, Kompleks Setda Pemkab Kuningan jadi bahan obrolan warga.

Aksi tersebut terekam dalam sebuah video berdurasi 1 menit 15 detik yang kini beredar luas di media percakapan WhatsApp warganet Kuningan pada Sabtu (28/09/2024) kemarin.

Pria yang telah diketahui bernama Atang terlihat berdiri di atas sepeda motor roda tiga sambil membuang bungkusan karung dan kantong plastik berisi sampah ke teras gedung.

Dengan penuh emosi, Atang mengungkapkan rasa kesalnya terhadap penumpukan sampah yang terjadi di wilayah Kelurahan Cipari, yang dinilainya sudah sangat mengganggu.

Beberapa petugas Satpol PP yang sedang piket di area Gedung Setda Pemkab Kuningan segera mendekati Atang dan berusaha menenangkannya.

Mereka juga berupaya mencari tahu alasan tindakan tersebut, di mana Atang menjelaskan bahwa persoalan sampah di Cipari, sudah berlangsung lama tanpa ada penanganan yang memadai dari pemerintah.

Atang menyoroti ketidaksinkronan koordinasi antar perangkat pemerintah Kabupaten Kuningan, mulai dari PJ Bupati, Camat, hingga Kepala Kelurahan.

Ia merasa kesal karena tempat pengelolaan sampah yang sempat direncanakan untuk wilayah tersebut belum juga terealisasi.

“Saya sudah menunggu dua bulan untuk program pengelolaan sampah yang dijanjikan PJ Bupati Kuningan, tetapi hingga kini belum ada tindakan konkret. Bahkan, kini Cipari sudah menjadi tempat pembuangan sampah dari daerah lain,” ujar Atang.

Atang berharap agar pemerintah segera merespons keluhan ini dengan langkah nyata dan menyelesaikan masalah sampah yang sudah berlangsung lama di kelurahannya.

Ia juga berharap agar koordinasi antar perangkat pemerintah dapat berjalan dengan lebih baik dan terencana demi kebaikan bersama.

Sementara, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan, Beni Setiawan, menanggapi permasalahan aksi warga terkait masalah sampah ini.

“Semoga aksi ini jadi inspirasi dan ambil hikmahnya bahwa semakin banyak warga yang peduli terhadap masalah sampah. Maka kedepannya diharapkan akan muncul gerakan bersama untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat,” paparnya.

Pihaknya saat ini masih mengupayakan agar persoalan sampah ini bisa sedikit demi sedikit terselesaikan melalui program yang sudah disusun.(Rojik)

Share:
Komentar

Berita Terkini