Pj Bupati Ciamis Ingatkan ASN Penyalahgunaan Fasilitas Negara Termasuk Akses APBD untuk Paslon

Redaktur author photo
Bawaslu Ciamis menggelar acara Pendidikan Politik dan Sosialisasi Pilkada Serentak 2024.

inijabar.com, Ciamis- PJ Bupati Ciamis H.Engkus Sutisna menegaskan kepada ASN untuk menjaga netralitas termasuk penyalagunaan integritas dan penyalagunaan fasilitas negara.

Hal itu dikatakannya dalam acara Pendidikan Politik dan Sosialisasi Pilkada serentak tahun 2024 bertemakan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah serentak di Kabupaten Ciamis yang digelar oleh Kesbangpol  bertempat  di aula gedung Islamic Center. Rabu (18/9/2024).

"Yang perlu diwaspadai adalah penyalahgunaan fasilitas negata. Apakah itu APBD, apakah kendaraan dinas, apakah bangunan-bangunan pemerintah jangan digunakan untuk keberpihakan kepada pasangan calon,"ujarnya.

Engkus juga mengingatkan Bawaslu dari hulu nya bagaimana menerapkan peraturan-peraturan dan hilir nya adalah penerapan sanksi.

"Makanya saya minta kepada Bawaslu sejak dari awal melakukan monitoring hal-hal tersebut dan melaporkan sesuai dengan ketentuan perundangan. Dan kepada aparatur sipil negara yang pertama Inspektorat harus mengawasi netralitas PNS ini, dan BKPSDM juga harus melakukan kewajiban menegakan peraturan kepegawaian dengan aturan yang baru,"tuturnya.

Guna menjaga kondusifitas di Pilkada 2024, Engkus mengajak semua pemangku kepentingan membantu kelancaran dan keamanan.

Engkus sendiri sebagai ASN mengaku baru kali ini memahami apa itu kotak kosong. Jadi istilah-istilah harus disampaikan kepada masyarakat.

Sekedar diketahui, Pilkada Ciamis 2024 hanya diikuti satu pasangan calon melawan kotak kosong.(diki)

Share:
Komentar

Berita Terkini