Anggota DPRD Jabar Ronny Hermawan Sosialisasikan Perda Desa Wisata

Redaktur author photo

 

Anggota DPRD Jabar dapil Kota Bekasi-Depok Ronny Hermawan.

inijabar.com, Kota Bekasi- Anggota DPRD Proinsi Jawa Barat Ronny Hermawan saat acara Penyebarluasan Peraturan Daerah tentang Desa Wisata mengatakan, ruang lingkup pengaturan Desa Wisata sesuai Pasal (2); Pertama, pemetaan pengembangan potensi Desa Wisata. 

"Kedua, Pemberdayaan Desa Wisata. Ketiga, dukungan penyediaan infrastruktur Desa. Keempat, sistem informasi Desa Wisata. Kelima, kerjasama dan sinergitas,"ujar politisi asal Partai Demokrat ini. Sabtu (19/10/2024).

Yang keenam, kata Ronny, pemberiaan penghargaan. Ketujuh, pembentukan forum komunikasi Desa Wisata. Kedelapan, partisipasi masyarakat dan dunia usaha. Kesembilan, pembinaan terhadap Pemerintah Kabupaten/Kota, Kesepuluh, pengawasan dan pembiayaan.

“Yang dibahas Perda Desa Wisata mendukung desa-desa yang ada di Jawa Barat  untuk bisa mengembangkan potensi Wisatanya,"tutur Anggota Dprd Provinsi Jabar dari dapil VIII Kota Bekasi-Kota Depok ini.

Saat ini, lanjut Ronny, Desa Wisata menjadi faktor perekonomian rakyat bagaimana rakyat yang mempunyai potensi dalam segi Pertanian, segi olahan makanan, adat kebiasaan Budaya bisa ditampilkan di desanya masing-masing.

“Pemerintah juga mendukung dan memfasilitasi, bahkan memberikan bantuan perkembangan ketika ada Desa Wisata yang dikembangkan bisa lebih di eksplorasi bisa menumbuhkan ekonomi di daerahnya,"ungkapnya.

Ronny berharap, semoga dengan adanya program ini masyarakat bisa berkembang perekonomiannya.

“Seharusnya (masyarakat dan pemerintah) bisa serius dalam membenahi desa-desa yang punya potensi di kebijakan Desa Wisata,"ucapnya.

Ronny juga menyatakan, kedepan Desa Wisata sesuai peraturan yang terverifikasi akan menjadi tulang punggung ekonomi Desa dan pendapatan asli Desa.

“Dari PADes dapat dipergunakan dalam segi pengembangan ekonominya kembali, pengembangan ekonomi kreatif, sosial, pendidikan dapat dipakai kebermanfaatan masyarakat banyak,"kata Ronny.

Dia juga mengingatkan, hal ini harus di monitoring, bagaimana Desa Wisata harus berjalan sesuai harapan.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini