Apel Penutupan Kirab Resolusi Jihad Hari Santri ke 9 di Ciamis Meriah

Redaktur author photo
Para peserta Kirab Resolusi Jihad peringatan Hari Santri ke 9 di Ciamis 

inijabar.com, Ciamis- Peringatan Hari Santri ke 9 digelar di Pendopo Pemkab Ciamis yang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Andang Firman Triyadi dan juga sejumlah pejabat serta dari berbagai pondok pesantren di Ciamis. Selasa (22/10/2024).

Acara diisi dengan Apel Penutupan Kirab Resolusi Jihad PCNU Kabupaten Ciamis. Beberapa pengisi acara terlihat ada beberapa kelompok marching band seperti dari marching band Purwadadi, grup band Densus 58, dari RA Muslmat NU, TK Elbas.

Sekda Ciamis  Andang Firman Triyadi selaku pemimpin apel mengatakan, kegiatan hari ini bukti kokohnya persatuan pemerintah dengan para santri.

"Tahun 2024 ini merupakan tahun ke 9 Peringatan Hari Santri Nasional. Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia," ujar Andang dalam sambutannya.

Dia menambahkan, Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai hari Pahlawan.

Andang menegaskan, Hari Santri 2024 merupakan momentum untuk mereflesikan kembali eksistensi kaum santri dalam posisi sebagai penjaga negeri.

"Menyambung juang merengkuah masa depan adalah sebuah ungkapan dimana perjuangan yang berkelanjutan para santri dalam merengkuh masa depan yang sejahtera dengan semangat dan keberanian nilai-nilai luhur yang selalu dijaga dan dirawat,"ungkapnya.

Andang juga berpesan, semangat Hari Santri harus dibangun dengan konteks saat ini dimana ada krisis ekonomo akibat perang, adanya krisis pangan akibat perang, krisis energi juga akibat perang.

"Kirab Resolusi Jihad  di Ciamis ini sebagai oleh para santri ini bentuk penghormatan, kecintaan pada para leluhur yang telah melahirkan nilai-nilai serta akhlak mulia yang kita jadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari,"kata Andang.(diki)

Share:
Komentar

Berita Terkini