Banyak Yang Belum Tahu Khasiat Kacang Bintang

Redaktur author photo
Kacang Bintang

inijabar.com, Ciamis- Banyak masyarakat yang belum tahu jenis kacang-kacangan yang satu ini. Kacang Bintang karena bentuknya sperti bintang atau dikenal dengan kacang inchi. Jenis kacang ini sangat kaya akan asam lemak seperti omega 3, omega 6, dan omega 9 yang sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak. 

Selain itu, kacang bintang memiliki nilai ekonomis yang relatif tinggi karena seliter minyak kacang bintang dapat terjual hingga jutaan rupiah.

Kacang bintang juga dikenal sebagai kacang inka atau kacang gunung  kacang yang berasal dari hutan tropis amazon.

Saat ini kacang ini telah dibudidayakan di Indonesia. Secara morfologi, buah kacang bintang memiliki bentuk bintang, di mana dalam satu bintang dapat menyimpan antara 5-6 butir biji.

Berbagai bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan. Daunnya mengandung antioksidan dan dapat dimakan sebagai sayur ataupun diolah sebagai teh.

Biji buahnya memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh dengan kadar pmega 3 mencapai 47 – 51 persen, dan omega 6 mencapai 34 – 37 persen, dibandingkan dengan minyak zaitun yang memiliki hanya 1 persen kadar omega 3  dan 9 persen Omega 9.

Berbagai bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan. Daunnya mengandung antioksidan dan dapat dimakan sebagai sayur. Biji buahnya memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh dengan kadar omega 3 mencapai 47 – 51 persen, dan omega 6 mencapai 34 – 37 persen.

Selain daun dan bijinya, minyak hasil ekstraksi biji sacha inchi atou yang di kenal kacang bintang memiliki berbagai manfaat salahsatunya untuk bahan kosmetik sebagai pelembab dan pencerah kulit.

Minyak kacang bintang  juga memiki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti penurun kolesterol dan asam urat, peningkat kecerdasan, dapat mengurangi resiko jantung bengkak, resiko stroke.(diki)

Share:
Komentar

Berita Terkini