Sekda Ciamis Ingatkan KPM Bekerja Berdasarkan Data di Posyandu untuk Atasi Stunting

Redaktur author photo
Sekda Ciamis Andang Firman Triadi saat memberi arahan di acara Penguatan Kelembagaan Desa bagi KPM

inijabar.com, Ciamis- Sekertaris Daerah (Sekda) Ciamis Andang Firman Triadi mengatakan, data terkini di Ciamis masih 23 persen jumlah stunting.

Data yang diterima merupakan survey lembaga lain. Andang menyebut meski sudah diupayakan muncul lagi. Karena dara yang berbeda.

"Makanya kita bekerja berdasarkan data. Kita sepakat dulu data jumlah stunting adanya di Posyandu. Kita selesaikan data stunting yang di Posyandu mana yang intervensi mana yang pencegahan,"tutur Andang saat memberi sambutan di acara Penguatan Kapasitas Kelembagaan Desa bagi Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang dilaksanakan di aula BPKD. Selasa (8/10/2024).

Dia mengajak masyarakat di halaman rumah nya menanam sayuran agar bisa dikonsumsi.

"Jangan meli cengek (beli cabe) ke warung, meli kangkung di warung. Sok kita kembangkan di rumah ada tanaman sayuran. Pakai polybag kan bisa asal kadaek kahayang (kemauan),"ujarnya.

Jadi, kata Andang, asupan protein masyarakat bia mengeleminir stunting. 

"Sistem, inovasi dan komitmen yang diperlukan untuk sama-sama mengeleminir stunting,"kata Andang.

"Kalau kami zero stunting pengennya 2024 selesai. Di kita tanaman banyak bisa tumbuh dimana saja. Kalau hanya diinisiasi pemerintah saja ya ga akan berhasil. Perlu kesadaran dari masyarakat juga untuk meningkatkan asupan gizi nya,"tandasnya.(diki)


Share:
Komentar

Berita Terkini