Wapres Dukung Pengembangan Talaga Bodas Garut

Redaktur author photo
Wapres KH.Ma'ruf Amin saat menandatangani pencanangan wisata alam Talaga Bodas Garut

inijabar.com, Jakarta – Dua hari menjelang purna tugas Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menerima Pj Bupati Ciamis Barnas Adjidin di kantor Wapres Jakarta pada Jumat (18/10/2024).

Ma'ruf Amin mencanangkan rencana pengembangan sarana prasarana di Taman Wisata Alam (TWA) Talaga Bodas, Kabupaten Garut.

Melalui proyek ini, dia berharap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Garut dapat semakin berkembang.

"Garut memiliki banyak potensi ekonomi kreatif, seperti ternak domba, kerajinan tas kulit, pemandian air panas, dan kini Talaga Bodas yang juga merupakan sumber air panas," ucapnya.

Ma'ruf Amin menegaskan, pengembangan destinasi wisata ini akan membuka peluang ekonomi baru, khususnya bagi masyarakat desa.

Mantan ketua MUI ini juga mendorong Yayasan Dewa-Dewi Indonesia, sebagai penggagas proyek, untuk terus mempromosikan kekayaan alam dan budaya lokal. 

Ia berharap pariwisata berbasis kearifan lokal semakin kuat dan mampu menarik wisatawan, termasuk dari mancanegara.

"Saya berharap destinasi seperti Talaga Bodas ini dapat menarik wisatawan internasional karena keunikan alamnya. Apalagi, air panasnya tidak berbau menyengat, yang menjadi keistimewaan tersendiri,"tuturnya.

Pengembangan TWA Talaga Bodas juga diharapkan dapat mendorong program 'Bangga Berwisata di Indonesia' dengan memaksimalkan wisatawan nusantara. 

Dia meminta pemerintah daerah untuk mengatasi masalah akses jalan menuju kawasan wisata yang sering macet.

Sementara itu, Pj. Bupati Garut, Barnas Adjidin, menyambut baik inisiatif ini.

 "Saya pertama-tama menyambut baik rencana pengembangan destinasi wisata di Taman Wisata Alam Talaga Bodas di Garut, dan kemudian peresmian dua desa wisata yang diinisiasi oleh Yayasan Dewa Dewi Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Garut," ujarnya.

Barnas juga menekankan bahwa Garut memiliki potensi besar dalam ekonomi kreatif. 

"Garut ini punya ekonomi kreatif seperti domba, tas kulit, dan pemandian air panas. Sekarang, dengan adanya Talaga Bodas yang juga merupakan sumber air panas, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi daerah serta membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat desa," jelasnya.

Senada dikatakan Ketua Yayasan Dewa-Dewi Indonesia, Heidy M. Hidayat, bahwa kawasan Talaga Bodas memiliki potensi wisata alam yang meliputi danau belerang, hutan, dan perbukitan.

Rencana pengembangan ini akan menghadirkan fasilitas pondokan, area perkemahan, serta wahana bermain dan berendam air panas.

Selain itu, desa-desa sekitar Talaga Bodas akan dilibatkan melalui pembinaan pelaku UMKM lokal untuk memperkaya pengalaman wisata. 

"Kami akan terus bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mewujudkan pengembangan ini," kata Heidy.(uj)

Share:
Komentar

Berita Terkini